बेकन इल्मू लिंडुनी फॉरेक्स


बिस्मिल्लाहिर रोहमानिर रोहिम, सेबेलम मेम्बैका लेखिका, मरी लुरुक्कन याहू के कैप्टन अल्लाह 8230 बहवा मख़ुल्क इन टीडिक कुसा, ताली अल्लाह यांग महा कूस बेलाजर (पुरुषांटुल्ट इल्मू) दीवाजिबक्कन अनटुक मुस्लिमिन और मुस्लिम (हदीस)। तापी हकीटाण्य इल्मू दतांग अरीय बुलाना दारी बेलाजार बेगुता पुला रेजिसी दतांग बुक्कन दया कीज किता किता बेलाजर कराना पेरिंटाह अल्लाह और सुन्नान नबी जैक अल्लाह कीहेदकी, डेंगण बेलाजार 8211 अल्लाह बिरिकान इल्मू जाइका अल्लाह कीहेदकी, डेंगण बेलाजार 8211 टैली अल्लाह तदक बेरिकन इल्मू जैक अल्लाह कीहेदकी, तन्प बेलाजर पल्ल 8211 अल्लाह बिरिकान इल्मू लाईलहा इल्लाल बेलाजार इटू मख्लक, अल्लाह यांग कुसा का लावणी दीपेटिक दारी अयात अल्लाह यांग बिरबुनिया : 8220 डान कामी दूरह अजारक कीपदान्य (नबी ख़िधिर) के लिए भी कुछ सुमा इलमू 8221 (अल काहफी: 65) इल्मू लादीनी इल्मू मौहुब मरुपकान सलह सतू इलमु यांग हरर डिमिलकी ऑलह ऑरंग यांग इजींग माज्यादी अहाली तफ़सिर अल्कुर 8217 हरदम मेंगुसाई 14 कैबिंग इल्मू लैनन्नी सेपरटी इल्मू लूघह, नहवू, साराफ, बालाघाह, आईएसटीक्कोको, इलममु अल्मा 8217, बीडी 8217, बान, फ़िक़्फ़, अकिदाह, एस्बबुनुजुल, नसीख मनसुख, इलमु क्यूराट, इलम मुहम्मद, उसुलिक फाक़ा (हुकम-हुकम फूरू 8217) इलम मुहुब (फदिलाह अलकुर 8217, सीआईआईख मौलाना जकर्य्या)। इल्मू इनी अदलला करुना खुसस दारी अल्लाह एसटीटी। 8220man 8216मिला बिमा 8216 सालिमा वारतशल्लाहु 8216ilma maa lam ya8217lam8221 Artinya नबी ने कहा: 8221 बैंगलसिआ यंग मेन्जामलकान आईएलएमयू यांग आईए केटाहुई मक्का अल्लाह एकान मेम्बरबेन केपदानिया आईएलएमयू यंग बेमेल आईए केटाहुइ 8221 सैट बेलियायू मेनजवाब प्रेट्ज़ियान ऑरंग रमाई, 8220 पाठक बेलियाउ टेलहे मेडनपेतक इलमु ख़ुसस औदद ख़ुसस द रासूल्लल्लाह ने देखा। यांग हानिया डाइबरीकन केपेडा बेलीआइ और टिडक केपडा यांग लाईन 8221 हज़रत 8216ali आरए। मेन्जावब: 8221 डेमी तूान यांग टेलि जनशुकान सुरगा और जीवा-जीवा, अक्कू पेनेह मेन्दापत एपा-एप सेलेन डारिपदा इलमु यांग अल्लाह बरिकान केपड़ा ससेओरंग अनटुक मेमहमी अलकुर 8217 ए 8221 इब्नु अबी डुन्या रह। बर्कटाउन बहवा पेनटाउनुआन दारीपदा अल कुरान दान apa-apa yang didapati daripada alqu8217an begitu लुआस दरीपदा alqur8217an। सेरंग पेंटाफसिर हार्स मेनटेटय 15 कैबैंग इल्मु यूजी डिबूटान डेटा Tafsiran orang yang tidak mihir dalam ilmu-ilmu ini adalah termasuk tafsiran bil-rakyi (तफसिर मेरुट्यूट फ़िकरन प्रतररी) यांग हॉल इन डेलारंग ओलेह सिरा -8217। पैरा साहबत आरए मेन्दापत इल्म बहस अरब सेकारा टैबि दान इल्मू-इल्मू लैन मीका दापती लैंगसंग दारी इल्मू केनबियन (नबी एसएडब्ल्यू)। नबी साउबर्स: 8221 बारांग सिआंग यांग बेरफतवा दलम मसलह अगम, तेंपा एद इल्मू मेक बगिनी लखनत अल्लाह, मलयाकरण दान मैनुसिया सेल्रूह्न्या 8221 (एचआर इमाम सुयुति)। जदी इल्मु लादीनी इल्मु दारी अल्लाह अस्बाब हैसिल अमाल 8230 कारेना अल्लाह टेलह तुजुकान कारा मेंडापट्टकन पडा कीता। इल्मु लाडुनी और कर्नालान बिना मंदापटकनाल दालम अलकुई 8217AN दान हिट्स: जिकाता बिरदलवाह (अमृत बिल्ल मा 8217ruf वा नहिया 8216 अनिल मुंकर) और नेपाली केपेड़ा केबैकन और मन्गेगाह केमंगकरन को अल्लाह अकाल बेरीकन केपेड़ा केता 8216ilm वा हिलम (8217 लिमू और कलेम्बूटन हत्ती) लंगसंग दारी क्वाटर्स अल्लाह । सेबैगैमना दालम ने कढ़ी (कुरंग लेबीह तन्त्र) त्तकाल अल्लाह पुरुषसत्ताक केतुमान उमट अखीर ज़मान केपदा नबी ईसा के रूप में मेन्का मेमाकाई सरंग पाडा पेरूट-पेरूट मीका, जाइका मीरा बर्जलान द तनह राता मीका बिरडजिरिर 8220 लालमडुलील्लाह 8221, दिताह यांग मेनजैक मेकाका बिरडज़िकिर 8220ॉलhuakbar8221, जैक बिरजलान दिताह यंग मेनुरन मीका बिरडज़िकिर 8220 सुब्हनहल्ला 8221 डैन मीका मेगाजॅक केपडा केबैकान दान मैन्गेगा केमंगकरन (बिरदकावा)। sedangkan mehka bodoh (tidak punya banyak ilmu) दान कसर (tidak hilm) maka नबी ईसा के रूप में bertanya। 8220 बगैमैण मीका अक्कल बिरडकावा पादल मीका टिड पुण्य 8216ilm डैन हॉिल्म (कलेबुटन हेटी) मका अल्लाह फर्म कंकन: 8221 अकुय प्रेषारी यंग अकिन सदस्यिकान केपेडा मीका अान डेल हिम 8221 (मुंटखोब अहादित्स) इलममु लादीनदलाह करुना खुससखास बोगी हम्बैना, टेरलीबिह बोगी मैके येल टेलह मा 8217 आरिफाट। यांग यांग टेलह मा 8217 आरिफत अकाल मेंडापट्टन सेगैल-गैलानिया कराना ऐड कींगनान डूनिया द हेटिन्या नबी साहेब बिरसाबाद 8220man वजादल्लाह वाजा कल्ला सीईई, मैन फकदल्लाह फक्तदा कुल्ला सीईई 8221 आर्टिन्या। बारांंग सीता केनाल केपाद अल्लाह मक्का अयाक मेन्दापत्कन सेगैल-गैलियां बारांग सीआप यांग केहिलंगन अल्लाह (टिडक कनल अल्लाह) मक्का इआ केहलंगन सेगैल-गैलानिया। 8221 (कम्मुलान खुट्टाबाम जुम 8217 एट रोमो क्यै)। दलाम कितामी किमीय सदात, बहू आते तुगा जनीस मैनुसिया यांग तिदाक अकाल बिसा मेमहामी अलकुर 8217: - स्वरूप। सेरंग यंग टिडक मेमहामी बहस अरब-केडुआ ओरंग यंग बर्ककेलन डेंगण डोसा-डोसा बेसेर दान बोली 08217 इनकी सूचना डोस ऐलान बोली 8217 एहेंक नेताओं के बारे में जानकारी देते हैं। Ketiga। ऑरंग यांग यकिन हनया तरादप मक्खी-मन्ना धहिर साजा दीम हला-हला एक़ाक़ाह (मेंगंबिल मटका धोजी दारी अयथादित्स mutasyabihat, aqidahnya bermasalah: mu8217tazillah, मुजासिममा डीएसबी)। पेसासाना के दापत ने अपने माता-पिता से मिलने के लिए प्रार्थना करने के लिए कहा था। ऑरंग यांग डेमिकियन टिडक अकाल बिसा मेमहामी अलकुर 8217 8220 यः अल्लाह पीलहारलह कामी दरीपादा मीका 8221 इल्मु लाडुनी यांग दाल पेंजेलेसन तांगन्ग रिसाल अल एलडुनीअन्या मेनजादी रजुकन किटब-किताब यांग मेम्बाह्स इल्मू लाडुन्नी) कुकप बेरबोबोट, डेंग्नु अलूर बाहसा यांग सिडेरहान और टेंक मेम्बुट किताएंइन्द्रिकण दही, पध्हल इइ बुक्कुन्या कुकअप बिरट अन्टुक दीपाहामी। इल्मू लादीनी अदलाह इल्मु लद्दानियाह रोबनीयाह, येटू इल्मू पेमेरियन एटू वार्सिसान लैंगसंग दारी केहेन्डेन दान यूसुसन अल्लाह SWT। बगैमाना बेंटूक इल्मू इन दीजेलस्कैन सेकरा कोन्कृत उज्दु इलमू लाडुन्नी इन बिरुपा इलमहम स्पोंटान यांग मेमांकर दारी लुबक हैती केमदियन टेरपंचकरन मेललुई अकल और फिकर। अपा यांग दीजेलस्कैन कुकअप कोंगराट और लॉग ऑन डेजिंग अलासान यांग डिटिरम ऑल एक्ल, आईएलएमयू एलडुनी बुलन मेलुली इल्मू सुपर्रोनैक्टिक सेपरटी यांग बायसा डिगॉमर - पैराग्राफन पैरा अहिली सुपरानानिक (बाका: दुकुन) के द्वारा दी मेमशर्कन प्रोडक्ट ज्यूलान्या, मेलेनाकन ज्यूग पेनमेयुआन-पेनमैन इलमिया यांग डायनामियस aplikatif। Ilmu यांग dijelaskan आरं menarik untuk dijadikan referensi दान bisa dijadikan rujukan untuk दिया menuju 8216know-how8217 bagaimana diaplikasikan di Lapangan, bahkan bisa juga आरं sebagai acuan untuk mengkolaborasi pengaktifan Otak sebelah कानन (subconsiuss) diaplikasikan dengan न्यूरो भाषाई प्रोग्रामिंग, sehingga bisa diakses ओलेह ओरंग दान दिप्रकटेक दी डुनिया usaha यांग मीका जीलीटी दाम केसेरियन्न्या पेपरडाउन कुमूलटिफ के लिए आया-यातायात के लिए (मटका मुहाकमत) देन्गन्त अयाट-अयाट टारिसरट (मन्ना मुसताइबीहैट) त्सारित दम नुआंस डज़िकिर और पिकर, अकाल मेलियिरक इल्मू इंटिआईफ़ी, यांग दतांग्याय ही बिस्किकन-बिस्कीन काल्बू ऐथ इल्हम लैंगसंग एंड स्पानटन, टेंपा मेललुई मेरिल , म्यूपुन मेन्डेगेंकन यांग बायसा डिगुनकन दलम ओतक सीर (ओटक कीरी), करीना दी दाम हति यांग बर्सिह, अल्लाह मेंडटांगन हिदायण्य, सेबागई बुह दारी इबदाह यांग दीजलानी ओलेह हैम्बैनी। बान्यक हला यांग मेरारिक तक बिसा दिपककाक करना रहसिया हिजाब यांग मेनुपुरी तिराई पिंटु हट और द टुजु डंडे। कुम सुफ़ी टेलीम मेम्प्रोकलमर्कण केईटीमवेन इलममु लादीनी। इल्मु इनू मेरुपाकन इल्मू यांग पीलिंग अगुग और पिकक दारी सेगैल इलमू डेंगान मुजाहदाह, पेम्बेर्शिअन और पेंसुइशियाई हट्टी अचना आतंकक नूर दारी हैटिन्या, सेहग्गा टारिबकलाह सेलुरूह रियासिया-रहस्या अलाम गहिब बिन्ह बर्कोमुनिकैस लैंगसंग डेंगान अल्लाह, पैरा रसुल दान रौघ-रहू यांग लैनन्या, टर्मसुक नबी ख़िशीर 8216 अखिल-सलाम टिडि-लाह बिसा दिराह इल्मू इन किक्यूली सेटेलह मेनकेपै टिंगकटन मा 8217 आरिफाट मेललुई लातीन-लातीन, अमलान-अमालान, एटायुपुन डिकिरीर-डज़िकिर टेंट्टू। इनू ब्यूकन सूट वकाना एटू टूडउहान सेमाता, टैपिंग टेरूकैप दरी लसन टोको-टोको का काम सुफी, अल जनादी, अबु याजिद अल बस्तेमी, इब्नु अरबी, अल गज़ली और देन मसिह ब्याक यागी लैनन्या यांग तिरेपतले के कार्य-कार्य टुलिस मेले के बाद से। अल गज़ाली rohimahullahu ta8217ala दलम kitabnya Ihya8217 Ulumuddin 111-12 berkata: 8220Ilmu kasyaf adalah tersingkapnya tirai penutup, sehingga Kebenaran दलम Setiap perkara dapat terlihat jelas seperti menyaksikan langsung dengan माता केपला 8230 Inilah ilmu-ilmu यांग tidak tertulis दलम किताब-किताब दान tidak dibahas 8230 8220. दीया जुर्के बर्कटाट: 8220 आवल दारी तरेकत, दीमूलाई दिनें मुसासीफाह और मस्जिददाह, सम्पई दाम क़ायदाण तारजगा (सदर) बिसा मेनीकिक्कन एट बिरददन लैंगसंग दीनगण मेलिकाक-मैलाकाट दान जुग रुघ-रोघ पैरा नबी दान मांगेंग लौंगसुंग सुरा-सहारा बाजार भारी मात्रा में देपत लैंगसंग मांम्बंबिल इल्मू-इलमु दारी मीका 8221 (जमहारत औलिया 8217: 155) अबू याजिद अल बुश्माई बर्कटाट: 8220 केलियन मेन्गंबिल इलमु दारी ओरंग-ओरंग यांग माती। सेदांग कामी मींगंबिल इलमु दारी अल्लाह यांग महा हिदुप और टकक अकाल माती। ओरंग सेपरटी केमी बर्कटाता: 8220 हेटिकू टेलहे मैनस्सेटेकन केपादुकु दारी रब्कु 8221 (अल मिज़ान: 128) इब्नु अरेबी बर्कटाता: 8220 उलमा सिरीयाट मेेंंबंबिल इल्मू मीका दारी जेरादी टेरदहुलु सम्पाई हरि कयामत सेमाकिन हरि इल्मू मेला सीराकिन जाऊह दारी नसाब पैरा वॉली मींगंबिल इल्म मेका लैंगसंग दारी अल्लाह यांग दीहुजमन्क के दाल दादा-दादा मीका 8221 (रास 8217 एल इब्नु अरबी हला। 4) पेंकेटस वाइजात्तुल वुदद (इब्नु अरुबी) इनू जिगा बेरकाता: 8220 सिसगुग्न्या सीसोरैंग अकाल सपर्णा केदुदुकन इल्मुन्य संम्पई इलमुना बेरसाल दारी अल्लाह 8216 एजा वा जला सेकरा लैंगसंग तेंपा मेललुई प्रतिंता, बाईक दारी पेनुकिलन परुपूं दारी गुरुण्य। सेक्रिरिआ इल्मू तिडी दीमबिल मेललुई पेनुकिलन एट सीओरग गुरू, मक्का टिडकलला कोसग दारी सिस्टीम बेलाजार मॉडल तर्सेबूत दारी पेनम्बहान-पेनम्बहान। इनू मरुपकान एआईबी बग्ली अल्लाह 8216 एज़ा वा जला 8211 सपई दिया बर्कटाट 8211 मक्का टिडक अल्ला इलममु मलयान दरी इल्मू कसीफ और इलमु सिहूद ब्खन द हसील पम्बहासन, पमीकिरन, दुग्गान एटुपुन टैक्सीरन बेलका 8221। इल्मु लाडुनी (इब्न तिइमिया) सेबागई मसूकन प्रो और कॉन्ट्रेट तंवर इल्मु लाडुनी इल्मु लाडुनी, अंतरा हिककारी और खुराफत मनुसिया डिलहैरकन द बूमी इन दाल केडन बोडो, टीडक मांगती एपा-एपा। लालू अल्लाह मंगाजर्कन केपदान्य बेरबागै मैकम नाम दन पेन्टात्हुआन अगर अगर बिरसुयुर और मांगबद्दिकन दिनिन्या केपडा अल्लाह डेंगण पेन कश्यदर और पेंगर्टियन थे। अल्लाह Subhanahu वा Ta8217 बेरफिरमैन: 8220 डान अल्लाह mengeluarkan kamu देारी perut ibumu दलम केबाद tidak mengetahui sesuatu pun दान दिया सदस्य kamu pendengaran, penglihatan दान हैती, अगर कामू bersyukur.8221 (एक - Nahl: 78) पडा हकीकतें, semua ilmu makhluk adalah 8220 इलमु Laduni8221 आर्टिन्या इल्मू यांग बिरसाल दारी अल्लाह सुभानु वा ता Ta1217ala पैरा मैलिकाट-न्याय पन्नत: 8220 महा सुकई एंगकाऊ, आप में यांग के कटूई सेलेन दीर्घा यांग टेला इंककॉ आजाकन केपेड़ा केमी 8,221 (अल-बाकराः 32) इल्मु लादीनी दलम पेंजेरियन उमम इनi तर्बाजी मेनजदी दुआ बैगियन। प्रताामा, इलमु यांग दापत तनपा बेलजर (वबबिया) केडुआ, इलमु यांग दूताप करना बलाजर (कासबी) बगियान पेटाटामा (दापत तेंपा बेलारार) तिरबाजी मन्जादी दूआ मकम: 1. इलु सारा 8217 यत्, येट्ू इलमम तंटांंग दैन लारंगन अल्लाह यांग हारुस disampaikan kepada para नबी दान रसन मेललुई जालान वाहि (wahu tasyri8217), baik yang langsung dari अल्लाह maupun यांग menggunakan perantaraan maliikat जिब्रिल। जादी सीता वाहि यंग दिमिति ओलेह पेरा नबी वीजेजक नबी एडम अलैहिस्लाम हिंगगा नबी कट्टा मुहम्मद नल्लाहुआह 8216 सलीवल अल्लाह अलमु लल्लीनी शब्दकुक यंग दिमितिमा ओलेह नबी मूसा दारी नोबी खदिरल। अल्लाह Subhanahu वा Ta8217ala Berfirman तातान Khidhir: 8220 यंग दूरह Kami berikan kepadanya rahmat दारी सिसी Kami, और याहू telah kami अजरकण kepadanya ilmu देरी कुछ Kami.8221 (अल - Kahfi: 65) दि दालम में इमाम अल बुखारी, नबी Khidlir अलैहिस्सलाम berkata kepada नबी मूसा अलैहिस्सलाम: 8220 सेसगुग्ह्न्य अकु बिरदा द एत सेबाह इल्मू दारी इल्मु अल्लाह यांग टेलहे दिया आजार्कन केपदुकु यांग एग्काऊ टिडक मेन्टाथियुइन्या। दान इंककू (जुगा) बेरादा दी एट इल्मु दारी इल्मू अल्लाह यंग दीया अजारकन कीपदामू यांग अकिू टिडक मेन्टाथियुइनु जुगा 8। 221 इल्मु सिरी 8217 एट सिफटाएनिया मट्लक केबनेन्न्य, वाजिब डिप्लेजरी और डायलॉक ऑल सेटिएप मुक्लाफ (बाली दन मुक्लाफ) सम्पई अंकांग अजमल केमटियन 2. Ilmu Ma8217rifat (hakikat), येटू इल्मू तांगांग सेसूआतु यांग गहिब मेललुई जलन कसीफ (वाहि इल्हेंटरबुक्कानि तबीर गहिब) एटयू ru8217ya (मिंपी) यांग डिबेरिकान ओलेह अल्लाह केपेड़ा हम्बा-हम्बा नयन यांग मुक्मीन दान शाली। इल्मु कसीफ इनिलह यांग दीमक़ुद और दिकेंनल डेंगान जुलकुक 8220ilmu लाडुनी 8221 दी कलानन अहाली तसवुफ सिफैट इल्मू इन ब्लॉइड डायनेकिन या डायलर मेनकाल मेन्सालहि इलममु सिरी 8217 यांग सुदा टर्मकॉबट दी डालम मुहम्मद अल-कुरान 8217 में मैपुन केटब-किताब हेट्स। मेनेलाही दी सिनी बिसा बेर्बेंटुक मेनेंटेन्ग, मेनमबाह एट मेन्गुरंगी अदपुन बैगियन केडिय्या येटू इल्मू अल्लाह यांग डाइबरीकन केपड़ा सीमू मख्लुक-न्या मेललुई जलनासान कासब (मेहा) सेपरटी दारी हैसिल मेम्बेका, मेनुलिस, मेन्डेन्गर, मेनेलिटी, बेर्फीकिर और लैन सेबैगैनिया। दारी केटीगा इल्मू इनi (syari8217at, ma8217 संस्करण और कास्ब) यंग पीलिंग यूटि आलम इलमू यांग बर्सम्बर की तरह ही इमुम सिरी 8217, कारेना अया अदालह गुरु। Ilmu kasyf और ilmu kasb tidak dianggap apabila menyalahi syari8217at इनिला हकीकत पेंगटियन इल्मू लादीनी दी दलाम इस्लाम Istilah 8220ilmu laduni8221 सेकरा खुस ताड़ी टेलहे टेरकोण्टिनैनीसी (टेरेसेमारी) ओलेह वायरस ख़ुरफ़त शफ़ीयाह। सेकेलोम्पोक शूफ़ी मंगेशकन बाहवा: 8220 इलमू लाड़ुनी 8221 एऊ कसीफ अदलह इलमु यांग ख़ुएसस डायबिरीकन ओलेह अल्लाह केपेड़ा पाल वाली शुफी। केलोम्प्क सेलेन मीका, लेबिह-लेबिह अहाली हेट्स (सनीह), टिडक बिसा मेडनपात्कन्न्या। 8220 इलमू लाडुनी 8221 एएएल इल्मू हकीकत लेबिह उटामा दरिपदा इल्मू वेहु (सिरी 8217) मरेका मण्डसर्कन हला इसे केपेड़ा नबी ख़िदिर अलीहस्सलम दींगण आंगपन्न बहम इल्मू नबी मूसा अलैहिस्सलम अल्लाह इल्मू वाहू सदांग्ण इल्मू नबी खदिर अलीहस्सल अल्लाह इल्मू कसीफ (हकीकत)। संम्पई-संम्पाई अबू याजिद अल-बस्टामी (261 एच।) मीगाटकन: 8220 सिओरंग यांग इली बूकानः यांग यांग मेघापेल दरी किताब, मक्का जिका ia लूपा एपा यांग इया हमाल इया मेन्जादी बोदोह, अक्कान टेटपी सोरंग अलीम आलवल आलंग यंग मेन्गंबिल इलमुन्न दारी तुहन्न्या डी वक्ता कपास साजा अया त्पा हपलन दान ताना बलाजर इनिला इल्मू रब्ब्नी 8221 इल्मु सिरी 8217 एट (अल-कुरॉ 8217 और दान-ए-सुन्नत) इटू मेरुपाकन हिजाब (पेन्ग्लैंग) बोगी सोरंग हम्बा अन्टुक बिसा सपै कोपेडा अल्लाह सुभानु वा ता Ta1217ala डेंगान इल्मू लादीनी साजा सुदाह ककुप, टिडक पेललू लगी केपाड़ा इल्मू वाह्यू, सिंगगा मैकेलो मेन्युलिस बान्यक किताब डेंगण मेटोड कसीफ, लंगसंग दीइकाट और दिआजारी लैंग्संग ओलेह अल्लाह, यांग वाजिब डायचीनी केबेनारन्न्या। सेपरती अब्द करीम अल-जलीय मंगेरंग क़िताब अल-इंसानुल कामिल फाई मा 8217 आरिफतल अवाकीर वाल जाग दान इब्नु अरबी (638 एच) मेनूलिस किताब अल-फतुहहातुल मक्कीयाह अनगिनत मैनेज ऐनाद (रियावाट), नुनुक कुकुप दींगन कसीफ सहिघगा टेकेनल अनग्नप्पन द कालंगण मीका 8220 हेटिकु सदस्यत्वु अकू दारी तुहंकु। 8221 एट्यू 8220 अक्कु दिबिरिहुहुह ओलेह तुहंकु देरी दी-न्या प्रेषि, लंगसंग तन्पे पेराण्टार अपापुन। 8221 सेहग्गा अकीबट्निया बानिक हेटीट्स मेसुरट अहाली हेट्स, डिसाहिहक्कन ओलेह अहली कसीफ (तसव्यूफ) और स्यूबालिकन्या। दरी सिनी के बिसा मेनगेहुई मंगापहहली हेटीट्स (सनीह) टूडेक पर्नह बर्टमू डेंगण आहली कसीफ (तसवुफ)। बंटान सिंगकट तेरहादप केसेसमैन ने कहा कि कासिफ या इलैहम ने कहा था कि वह मिल गया अहिल तसवुफ। सैटिएप ऑरंग मुक्मीन यंग शलीह बिरपोटेंसी अनटुक दीम्युलकन ओलेह अल्ला डेंगान इलहम। अबू बकर राधिल्लाहु अहहू दीलिम्ली ओलेह अल्लाह बहवा अनक यांग सैदांग डिकंदुंग ओलेह इटरिन्या (सेबेलम बेलीउ वफात) आदाल्ला वनिता। डेन तिर्न्याता इल्हम बेलियाउ (मेन्यूरट सेबूह रीवाइट बेरदासर्कन मिंपी) मेनजदी केन्यातन इब्नु अब्दुस सलाम मंगाताक बहवा इल्लम एट इल्मू इल्ही इटू टर्मसुक सेबैगियन बलासन अमल शालीह यांग डायबेरिक अल्लाह द डनिया इनi। जादी तिदाक दालान पेंखुसुसन दींगण केलोम्पोक टर्ट्टू, बखान दालिलनिया बिरिसिफाट उमम, सेपरटी साबबी नबी ओललाहु 8216 लालइही बस्लम: 8220 बोरंगसिआंग मलागामलकान इलमु यांग इया केटाहुई, मक्का अल्लाह मवारिसक कीपदान्य इलममु यांग बेल्म ia केटाहुई 8221 (अल-इराकी बर्कटाटः एचआर। अबू नुए 8217 ईमान दालम अल-हियाला दारी अनास राधिल्लाहु अहु, हेटीस दाहिफ)। यांग बानर मेशुरूत अहलूसुनाह वाल जमा 8217 अब्दलाल नबी ख़िधिर अलीहैस्सलम मेमिलिकी सिरिआ 8217 टीएसएसएंडिरी सेबैगैमैन नबी मूसा अलैहिस्सलाम बाखन अहलूसुल्लाह सपाकत कलौ नबी मुस अलैहिसलम लेबिह उमा दरीपदा नबी ख़िदीर अलीहस्सल करीना नबी मूसा अलैहिस्सलाम शब्दसुक उलुल 8216 अज्मी (लिमा नबी यांग मेमिलिकी केतेगुण हति और केशरंग यांग टिंग्गी, यति नोबी नूह, इब्राहिम, मूसा, ईसा और मुहम्मद)। अदपुन पेरेनाटान अबू याजिद, मका इटू अदलह सुतुः केशलहां यांग नता कारेना नबी ओललाहु 8216 इलाइ थीलम हया मवारिसन इलममु सिरी 8217 एट (इल्मु वाहु), अल-कुरान 8217 और दान-सुन्नला। नबी मंगाट्कन बहवा लिए उल्लाम यांग मेमॉमी अल-क़िताब और ऐस-सुन्नत इटुलाह प्वारिसन्या, सद्नगान अनंगपन अद ओरंग सिलेन नबी ओलहलुु 8216 लाईई अलीम यंग मेंगलंबिल इलममु लैंगसंग दारी अल्लाह कपन साजा इया सुका, मका इनि अदलला खराफात सपुय्याह। आग्नेपन बहू इलमु सिरी 8217 एटू हिजाब आलम सबाह केकुफुरन, सेबुह टिपु डेया सिटान अनटुक मरुसाक इस्लाम कारेना इटू, तसव्वुफ अदलला गुडंग्न्या केगलपन और केशैतान Sungguh sebuah sukhes बस्बी बबली इब्लिस दामल मेमिकान्न्द द्रा अपराध थे इस्लाम अग्निपता बाह्वा डेंगान 8220 लिमू लाडुनी 8221 सुदाह कुकुप्प अदलाह केबोदोहण और केकुफुरन। सैलुरु उल्लाम अहलूबुनाह टर्मसुक सिख अब्दुल कोधिर अल-जेलानी मीगाताकन: 8220 सैटआप हकीक यांग टिडक डिसक्सिकन (विवाह) ओलेह सिरी 8217 एटलाह झिन्दीक (सीसैट) .8221 इनिला पेयेबाब लाई बगी केसेसतन तसौवुफ। बनीक सीकेली केशिरिकान और केबियड 8217 हजार दलम तसवुफ यांग थासकरन केपेड़ा हेट्स-हेट्स पलटू दान में प्युल यांग मेनियाबैबैन यांग-ऑरंग सूफी डेंगण मूड दपत मेंडटांगण डालील दाल सेटिएप मसलह करेना मैक्गुनकन मेटोड तफ़सिर बाथिन और मेटोड कसीफ दलम मैनिललाई हेट्स, दुआ मेटोड बिड 08217 ये यांग मैनीसैट। तिदा कबनरण कैचुअल एप यांग डाइजर्कन ओलेह रसूलुल्लाह ओलहलु 8216 तलइही बेल्लल Beliau bersabda: 8220Wahai manusia belajarlah, sesungguhnya ilmu itu हन्या डेंगण बेलाजर दान फिक़्ह (फहम अगम) इटू हन्या डेंगण बर्टाफाक़ह (बेलज़र इल्मू एगमेलीमु फिक्क)। दान बरांगसिआप यांग दिखेहेद्दी बायक ओलेह अल्लाह, मक्का इया अक्काण difaqihkan (difahamkan) दलाज अमाम 8221 (एचआर इब्नु अबी आशिम, थबराणी, अल-बजार और अबू नू8217ैम, हदीस हसन)। (अबू हम्ज़ा ऐज-सानुवी)। मारजी 8217: अल-फतुर रब्बनी, अब्दुल कादिर अल-जेलानी (हला। 15 9, 143, 232) अल फातिवा अल-हदीसियाह, अल-हैतीमिया (हला 128, 285, 311)। इहया 8217 उलामुद्दीन, अल-गज़ली (जेलीड 322-23) दान (जीलिड 171) एट-तसावुफ, मुहम्मद फायर शाक़फ़ाह (26, 125, 186, 227)। फथुल बरी, इब्नु हजर अल-असलानी (I141, 167) फाइकुतुत तसावुफ, इब्नु तैमाइया (218) मावाकिफ अहलूसुनाह, उत्समान अली हसन (60, 76) अल-हुवाई, सुयुद्धी (21 9 7) मेनूरट इब्न अल अरबी, दम मेंगांटार्कन मैनुसिया अन्टुक मेन्नेगल डरिन्या, अन्टुक मेम्बवान केपेड़ा प्रोसेस केमेम्प्र्नान दीरी, अदबा बबराप तहप और मेदुदान कita (महालुक) मेन्जु सोंग खोलिक, दीनारारान्य। 1. Ta8217alluq (अल्लाह अल्लाह के लिए एक मुहम्मद)। दलम ईस्टिटाला लाइक डिकेंनल डेंगण डज़िक्रुल्ला (डज़िकिर केपाद अल्लाह)। डेंगान बिरसहा मँगिंग और मांगकत्तन हसन और पिकरन किता कोपेद अल्लाह, दीमानापुन बिरडा। सेशुई डेंगान फ़िरमन-न्या, यंग कलांत्या याकनी ओरंग-ऑरंग यांग मींगिंगट अल्लाह संंबिल बिरदिरी एटू दुदुख, आऊ दाम केदाना बिरबरेिंग दान मैल्किक्रान तांगन पेनसिप्टान लैंगिट दान बाईरीया बिरकाता: 8221 यहा तूहान कामी, तिदालह एन्ग्काउ मेनसिटाकन इन दींगण सीआ-सिआ। महा सुची इग्कौ, मक्का पीलहारलह काम वाली सिका नेराका 8221 2. तखलुक तखलुख मरुक्कण सुतुओं के लिए पेंसिमपर्नान दीरि मेललुई पेन्जजवंतान सिफेट-सिफेट थेयन यांग महा मुलिया ने दपत दिटिरु में सिफैट-सीफट सीरंग मुक्मैन का शुभारंभ किया। सेहग्गा ia मेमिलिकी सिफेट-सिफैट मुल्लिया सेबैगैमैन सिफत-सिफेट तूान आप की इच्छाओं को समझने के लिए, वह अपने आप को आंतरिक रूप से साझा कर सकते हैं। Seperti halnya banyak diantara kalangan sufi yang dalam hal ini menyandarkan hadits nabi yang berbunyi 8220Takhallak bi akhlak-i Allah8221 यांग कलात्मक बिरखलख्ला सेपरटी अख्लक टूहान, या 8220 तखलक द्वि आसमा अल्लाह 8221 आर्टिन्या बिरखलक देगेन नाम-नामा अल्लाह 3. तहाक़्क़्क़ (अक्टलिसासी सिक्प) तहक़्क़्क़्क़्क़ादुमा मरुपाकन सूटु फोकस से मैन्जेट्टलिसिसिकेशन केसरदान और कपासिसट्स डायरीया सेबैगई मुक्मीन, सेबैगैमैन टीकेरमैन डेल प्रॉजेक्ट टैहलकुए 8211 में सेम्यूडियन मैंगाप्लाक्सेकन्नया दालिलु कहिडूपन सेहारी-हरि। Ia merupakan prosse तराख़ार के लिए पेशेवरों के लिए एक पेशेवर कंपनी है, सेबुह जुम्बार गायक के लिए मोनू प्रोसेस् पनिमपर्णान दीन मैनुसिया, यांग बेरंगकट और पेंजेलेन आर्टी और हकीकट मैनुसिया इट्यूरी, केमूडियन संप्रई कोपेडा टुहन्न्या। Demikian ringkasan buku 8220Mengintip Alam barzakh, Ilmu Ladunni, बुहा इब्दाह दान tawassul8221 ने लिखा है कि अंग्रेजी भाषा के लिए अंग्रेजी भाषा का प्रयोग किया जाता है। INTI AMALAN ILMU LADUNI कार्यक्रम pembersihan दीदी डुलु अगर एनर्जी मीगालर डेंगें लंकर wirid अल wahab (मल्टी लाउनी) सेबनीक 361 कली disusul डेंगान तसबीह 8220 सुब्रहानल wahhabil quddusi ला ilaha illa huwal fa8221alu लिमा yuriduhu8220, बेबरापा काली। (सैंबिल बेरुपुसा सेलामा 40 दिन) या कुकुक सेकाली डेंगण बेरिक्टिकफ डैन वायरिड अल वाहाबाद लादीबासी बसास अस्सिंग) एट एआर रोसीड (लादीनी आईपीटेक), एटयू एआर रोमान (लादीनी उमम) एट अल अलौबी (लादीनी अलम गहिब) एट अल अलौल्यिय (लादीनी बेलादीरी) एटॉ अल 8216 अलीम (लादीनी अगामा) एट अल अल मुजीब (लादीनी तेरापी) एट अल अलौजी (लादीनी बिस्नीस) एट अल अल मालीक (लादिनी मेम्बाका अल्लम) डीएसबी मेनकेपै 7.000-10.000 काली सुसी लाहिर स्नान, तौबत नसुहमिंगगलकन स्यूरा लारंगन एलोह, असुशल डेंगान पलासा सेला 3 बजे 7 बजे, बछे का जुगाड़ बदल गया। हति और पिकरन फोकस मेमोहोन अनग्रामकरुना लावणी केपद अखिलो सत्र सेबैगई तांबहान perbanyak जुगा वाइरिड दो बेरिकुट 8220bi आईएसएमआईआईएए wahabu habliya 8216izzatan, दोनों jaahi jalalil 8216izzi minka taqoronat, वा hudzli 8216uqulal 8216 तमिलनाडु के रूप में है, और अभिलक्षकों में से एक है मिथक शिहोर के पास। (दीनानाममू वो वाहाई दिन यांग महा सदस्य, बेरिलह शब्द केहरम, डंगान पंगटक दरि मुहलाँ केम्युलया या यंग मुल्ला अंबुल्लाह के बारे में अकाल यांग 2 में से एक बंगुआ बंगुला और जांगकन में बंगुंग डेंगण आंमू सेहग्गा मंगाक़ौक सिहिर, 8221 (लादीनी मल्टी फंगसी) सेब बायाकण हरि संप्रई 40 दिन या उससे अधिक समय के लिए एक नूरुर बुराई 8217 (बहु फंग्सिपेंगकिट पाटेंसी दीइ यांग ट्रेपेंडम्बा सदार) सिखलासन विचलन 260 कली टाईप को अपने परिवार के साथ मिलते हैं, या तो वे वाइरड 2 साल में एक मुबड़ी-यू, अल बाकी, अल मुह्ही, अल बाआ 8217, आर रफ़ी 8217, अल मोज़ीक, अल मुकुद्दीम (बहु फंग्सिपेम्बिकट पाट्सनी दीइ यांग टेरपेंडम्बाह सड़द और बहु ​​प्रतिभा)। जुग 8220वा सबबा 8216 क्लिबिति स-अबिइबा रोहमतीम, बाई हिमामी मौलान हकीमी फाफ़े एएचकेमट, 8221 (अल हिमामकेकेबिजेक्सानान) एटू 8220वा सबबा 8216 क्लाबी सा अबाइबा रोहमतीम, द्वि हिममती मौलानल 8216अधियामी फा अनथोकॉट, 8221 (मेम्बेका आईआई हती दान कासाफ), 47 काली। तिप हरि। आईडी इन टीडक मटोलक टैपिंग यांग पेंटिंग इस्तिकॉम्ह्नैकेटिकून्न्या, इनान हनीलाह विलाईल, जंगन दिजादिकन केवजीबैन, यांग पेन्टिंग टूगास 2 यूटा और येटू बेलाजर और मैन्जजेकन पीआर हरस द्युतामकन, बिरपिकिर, मेगलगली दीरी, मेम्बेकबलाजार दारीदेंगन अल्म डान ऑरंग 2 लैन। इल्मु लाडुनी एडलह इल्मु वारिसन (भाग 1) इल्मु लादीनी अदालह इल्मू वारिसन सेजोरैंग टिड मंगलकिन मेंडापट्टान इल्मू लादीनी कच्युली डेग्न सेबब मेन्दापट वारिसन द ओरंग लाईन, पढल यांग दीमकद वारिसन आदलह टिंगग्लान ऑरंग माटी। ओलेह कारेन्य, गुरु-मुरसुद के लिए याहू हिप्पूप यांग माटी के लिए सत्त-सतुण जालान के बारे में कोई जवाब नहीं मिला। हाल के दिनों में एक ही दिन में एक महिला के लिए सच्चा प्यार नहीं किया गया था, तो वह अपने पिता से प्यार करता था, या तो वह एक दूसरे से प्यार करता था। बारे में दल ilmu Warisan आरं अग्रिम dinyatakan अल्लाह SWT dengan फरमान-न्या: 1614161716141616 16141618161416181614 1616161416181614 16161614 1618161616141616 16151614 1618161416171615 16151614161716161611 16161614 161416181614 1614161416181616 161616171614 161716141614 16161616161416161616 1614161416161612 161416161612 (31) 161516171614 16141618161416181614 1618161616141614 1617161416161614 16181614161416181614 16161618 1616161416161614 16141616161816151618 161416161612 16161614161816161616 16141616161816151618 16151618161416161612 16141616161816151618 161416161612 161616181614161816141616 1616161616181616 161716141616 161416161614 16151614 1618161416181615 1618161416161615 8220 डान एपा यांग टेलह कामी वाह्यकन केपदमु ययतु अल-क़िताब (अल-कोर 8217) इटुला यांग बानार, डेंगान मेम्बिनकरन किताब-किताब यंग सेबेललम्या। Sesungguhnya अल्लाह बानार-बानार महा Mengetahui लगी महा Melihat (keadaan) हम्बा-हम्बा-न्या केमुदियन Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang Kami pilih diantara हम्बा-हम्बा कामी, लाल सेना के लोगों के लिए एक बहुत ही खतरनाक आदमी है दान दिंगेरा मलाका एडा (पुला) यांग बेर्लोम्बा-लोम्बा बेरबूत केबैकन डेंगान इज़िन अल्लाह यांग डेमिकियन इटू आलवल करुइया यांग एमाट बसार 8220. क्यूएस. फाथिर.3531-32 इल्मु वार्सन इन इन टर्मकॉबूट द दीम फ़िरमैन-न्या: 8220 ट्यूसम्मा अरुसैनल क़िताबा 8221 यांग कलािन्या केमुदियन कामी युद्धक किटू यूटीयू यदि आप किसी भी व्यक्ति के बारे में पता कर सकते हैं, तो आप अपने जीवन के बारे में सोच सकते हैं या आप के बारे में सोच सकते हैं। अन्तुक लेबिहि मेमुदक़क पेमेहमान 8212 इंसान अल्लाह 8212marilah kita ikuti penafsiran दुआ आयेत तर्बुबूट सेकरा केसलुहुहान: दारी अयृत दांत अकाल किताउरकेन मेज़ैदी बेबारापा पम्ब्हासन: 1)। तेंटांग इल्मू अल-कुरान 8217 यांग दीमकद डेंगान अल-क़िताब (अल-कुर 8217) दे दी आया में आना एडलह इल्मू पेन्टाहहुआन यांग दिकंदुंग दी दलम अल-कुरान 8217 ए अल-करीम। अल-हबीब अब्दुल्ला बिन अलवाई अल-हद्द आरए दलम bukunya, 8220Aqidah Ahlus Sunnah वाल Jama8217ah8221, berkata: 16171614 16181615161816141614 16181614161616181614 161416141615 1616 16181614161616181616 16141616161416151615 161816151614161716141615 1614 16141616161616171616 161416141615161816161616 16141617 1615 1614161416181616 16141614161716141614 161416181616 1618161416141614 161716141618161616171614 16181614161616181614 16141617161416181614 161816141618161516181614 161816141618161516181614 161816141618161516181614 161816141618161516181614 161416181614 1614161816141616 16181615161816141616 8220Sesungguhnya अल Qur8217an आईटीयू adalah कलाम अल्लाह यांग qodim दान किताब - न्या यांग डिटुरुंकन केपेडा नबी-न्या और रसूल-न्या ने देखा। येट्ू युकापन दीयालम हती यांग कूदाम और ससुणन कात-काता यांग दपत डिब्का, दपत देना और देवर तेगागा इकलौता केताब अंतरा कैटान-कटाटन थालाम बूक 8221। डेंगण दिकतक पेंडापत अल-हबीब अब्दुल्ला बिन अलवाई अल-हद्दाद आरए टीर्सबुट, मक्का अल-कुरान 8217, अल-करीम दीबागी मेनजदी दुआ बैगियन: 1)। अल - Qur8217an सेबागई कलामुल्ला यांग क़ुडाम, सेबागाइमना फ़िरमैन अल्लाह SWT: 161516171614 16141618161416181614 1618161616141614 1617161416161614 16181614161416181614 16161618 1616161416161614 8220 कैम्मुदियन किटू इटू केमी युद्धकन केंग-ऑरंग यांग कामी चुना राक्षस हम्बा-हम्बा कामी 8221 2)। अल-Qur8217an sebagai किताब यांग hadits, yaitu tulisan dengan Bahasa अरब यांग tertulis di दलम mushab, sebagaimana फरमान अल्लाह SWT: 1616161716141615 1614161416181615 161416151613 161416161613 (19) 1616 1615161716141613 161616181614 1616 1618161416181616 8220Sesungguhnya अल Qur8217an आईटीयू Benar-Benar Ucapan उटुसन यांग मुलिया (जिब्रिल ) यांग मेम्प्न्ययई केकुआतन, यांग मेम्प्न्याय केडुदुकन टिंगगी दी सीसी अल्ला यांग मेम्प्न्यय आरएसआई 8221.क्विस। पर-तक्वीर 1 9 20 मका यांग दीमकद डेंगान अल-किताब 8212, जिस पर आसा 8212 यांग अंक दिवारिस्कीन केपेडा हम्बा-हम्बा डिप्लीह, बुक्कन अल-कुरॉ 8217 यांग हेट्स, मेलेनाकान अल-कुरान 8217 यांग क्ओडीम। याकनी बेरूपा पमहमान हटि दारी मा 8217 ये यांग दिकंदुंग अल-कुरान 8217 यान हेट्सट्स Oleh karenanya, tidak mungkin seseorang dapat memahami al-Qur8217an यांग कोंदिन तपेदा तर्लीबिह दाहुलु मेमममी मक्ना अल-कुरॉ 8217 या यंग हैंस। जादी, यांग दीमकद इल्मू वारिसन अडलाह पैमहूमन हटी यांग बेंटुक्कनिया टिडक बिरूपा तुलूसन यांग दापत देलीहट माता मुपुण अपने यूँ दपत आयांगर टेलिंग, मेलेनकन रास दी दाल ह्ति सेबागई बुह मुजाहिद्ह अस्स दशर तकालाह। पीमाना ने उन्हें अपने पिता से प्यार करते हुए इल्मू लुडनी, मनकाले सोंबलिया के साथ अपने दिल में लंगसंग थाईलैंड में थे यांग दत्ण्य के यूसुतन केतुहानान, बुलियन प्रेसिडियंस हयाली यांग टेराकदांग बिसा जादी ट्रेबिट डेरी बिसीकन जिन। (बर्संबुंग) अल-इमाम अस-सुयूति आरए बर्कटाट: बान्यक ऑरंग मींगी, बाहवा 8220 इलमू लाडुनी 8221 इटू संसार सलित दपत मेरेका बर्कता बहरा इल्मु लादीनी इटू बिरडा दिलुंगे जांगकौण मनुसिया, पढहल टिडक्ला डेमियन अनूदित महिला महिलाओं के लिए महिलाओं के जन्मदिन की छुट्टी के दौरान उन्हें अकेला छोड़ दिया जाता है या नहीं। ऐडुन सेबब-सेबब इटू आलम आलम दान ज़ुहूद केमुदियान बेलिएयू मैनेरसन: इल्मु-इल्मू अल-कुरान यांग मेहनकर दारीना अदलह संताट लुआस, बगईकन समूढ़े यांग बर्टीपी, और इलमु लुदीनी मरुपाकन या यंग मटलाक बेग सैसोरैंग अंटुक मेनाफसिरक अयाट-अयाट्न्या। अल्लाह ता .8217 बेरफिरमैन: 8220 डैन बर्टकवालह केपेद अल्लाह, निस्ला अल्लाह मेंगाजर्मु 8221 QS. al-Baqoroh282। इटुला इल्मु लाडुनी, अल्लाह मंगलराज इलमू इटू केपेड़ा हम्बा-यंग ट्रेपीलीह डेगाण कारमा मेम्बिस्कीक पैमहमन मेललुई कालबूने, येटु हती सोरंग हम्बा यांग सुदा बर्सिह दारी सेगैल कोटरन करकटर डुनियावेई यंग टिदाक तिरुपुजी, सेबागई बुह इबादा यांग दीज़लानी। Adalah ilmu pengetahuan यांग सार्वभौमिक और 8220rahmatan lil alamiin8221 यांग akan mampu menghantarkan manusia kepada keberhasilan hidup, बाक डुनिया, अगामा माउपुन अकीराट। इलमू तर्सेबुट दीहसिलन दारी पेपरदुन अंतरा इलमु, इमान दान आल यांग दापत मेन्घसिलान इल्मू लगी केतिका ससुरांग कस्मरन डेंगण केकसीह्न्य मिसलन्या, द रिफ्लेक्सि क्लिम्क्स केसीकिकन यांग टेरजैडी, केरपकाली मेमकुंकलियन एंड पैमहामान यांग टिडक टेरडुगा। Pemahaman itu bentuk wujudnya ternyata pengalaman-pengalaman hidup यांग संगत बिरकेसन, लुआस, यूनिक, सर्टि sukar dilupakan। यांग डेमिकियन इटू एपियालाती डेंगण सीरमट डेन मैंडलम, सपरा केटिका पंगलममन-पंगलमम इटू कडंग-कदंग टर्न्याटा बिरूपा टॉरी-टॉंग टेंटांग सिक्स 8282 बोकान सिंटांग सोरंग हम्बा केपडा टूह्न्या, पढहल दीया बेल्ल पेर्नह सेम सेकली बेलाजर तांगांग इलमू सिन्टा, बायक डेंगान मेम्बेका मुपुन मेन्दगार दारी मानका गर्जान दतांग्या इल्मू इटू इटुला यांग दिकतकन इलमु लादीनी, मणकला इलमू इटू मेन्जैंट पमहमन हती तांगन यूसुशन केतुहन। बहलान जोह लेबिह दाल दती आईटू। दलाम पर्व माकसी हकिकत मन्ना सिन्टा, तर्कादांग रिफ्लेकसी केरंडुआन यंग टेरपेन्डम अकाल संगकेका, ओलेश गाया दीइजैदिकन्नी सेबागई प्रेसनर्स एंड सम्बर इलहम। आलम कैरिंडुआन इटू दीमासुकिन और देटेलुसुर दम बेंटेक पेन्सरियन-पेनकेरिअन सेराथन रुशानिया मका यांग अस्सलन्या टिडक मेन्गेर्टी मेनजैड मेन्गेर्टी और यांग अस्सलन्या टिडक फजम मीनजदी मेमहमी इटुल्लाह एपी सिंटटा केटिका बर्गलोरा दारी तंबंग पेंगम्बर रतन्या केटिका एपी इटू लारट बर्नम सिन्नन्या मेम्बैकर सैकट और हिजब मेनम्बस डायंडिंग अकाल और फायकिर मेम्बुका सिट्स-लूत माहिद मका, रौह मेम्बैका और एक्कल मैनेजमेंट डेटा के बारे में बताते हैं कि उनके माता-पिता से मिलते-जुलते आंकड़े - data yang ada di situs itu Ternyata tempatnya telah berpindah Oleh karena hanya Allah yang menghendaki Maka pindahnya data itu disebut Laduniah Rabbaniyah. Ilmu Laduni adalah Ilmu Warisan (part 2) Dengan pemahaman hati tersebut, seorang hamba dapat memahami secara langsung makna yang dikandung didalam ayat-ayat Al-Qur8217an yang sedang dibaca maupun didengar. Berupa pemahaman yang amat luas dan universal sehingga kadang-kadang tidak mampu diuraikan baik melalui ucapan maupun tulisan. Pemahaman akan ma8217na ayat yang didalamnya sedikitpun tidak dicampuri keraguan sehingga dapat menjadikan iman dan takwa seorang hamba kepada Allah Ta8217ala menjadi semakin kuat. Dalam menafsiri firman Allah SWT.: 1616161716141615 16141615161816141612 161416161612 (77) 1616 161616141613 1614161816151613 (78) 1614 16141614161716151615 161616171614 1618161516141617161416151614 8220Sesungguhnya Al-Qur8217an ini adalah bacaan yang sangat mulia. Pada kitab yang terpelihara. Tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yang disucikan8221. QS. al-Waqi8217ah.5677-79. Ulama8217 berbeda pendapat dalam mengartikan Al-Muthohharuun (Orang-orang yang disucikan). a). Dari Ibnu Abbas ra. yang dimaksud al-Kitab adalah kitab yang ada di langit, tidak ada yang menyentuhnya kecuali para malaikat yang disucikan. Seperti itu pula pendapat Anas, Mujahid, Ikrimah Said bin Jabir. Rodhiallahu 8216Anhum. b). Yang dimaksud Al-Qur8217an disini adalah mushhab, maka tidak menyentuhnya kecuali orang yang suci dari junub dan hadats. Dengan dalil apa yang diriwayatkan oleh Abu Dawud ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda : 16141614 1614161516171615 16181615161816141614 161616171614 161416161612 8220Dan tidak menyentuh Al-Qur8217an kecuali orang yang suci8221. Tafsir Ibnu Katsir ayat 79 surat al-Waqi8217ah c). Tidak dapat menyentuh terhadap pemahaman-pemahaman Al-Qur8217an yang qodim (rahasia ilmu laduni) kecuali orang-orang yang hatinya bersih dan suci dari kotoran-kotoran manusiawi. Allah SWT. mengisyaratkan hal tersebut dengan firmannya : 161416161614 1614161416181614 16181615161816141614 1614161416181614 1614161816141614 1614161416181614 1617161416161614 1614 16151618161616151614 161616181614161616141616 161616141611 1614161816151611 (45) 16141614161416181614 16141614 16151615161616161618 16141616161716141611 16141618 16141618161416151615 16141616 16141614161616161618 161416181611 161416161614 1614161416181614 1614161716141614 1616 16181615161816141616 1614161816141615 1614161716141618 16141614 161416181614161616161618 161516151611 8220Dan apabila kamu membaca Al-Qur8217an niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, yaitu dinding yang tertutup Dan Kami adakan tutupan diatas hati mereka dan sumbatan di telinga mereka, agar mereka tidak dapat memahaminya8221. QS. al-Isra8217.1745-46. Dari ayat diatas jelas menunjukkan bahwa orang yang mambaca atau mendengarkan ayat-ayat suci Al-Qur8217an belum tentu memahami isinya, karena yang dibaca tersebut adalah Al-Qur8217an hadits. Terhadap al-Qur8217an yang hadits ini siapa saja dapat menyentuhnya. Adapun yang dipahami adalah Al-Qur8217an yang qodim atau rahasia-rahasia dari ilmu laduni, terhadap al-Qur8217an yang qodim ini tidak semua orang dapat menyentuhnya kecuali orang yang beriman dengan kehidupan akhirat. Sebab, yang dimaksud dengan membaca atau mempelajari adalah amalan lahir, sedangkan memahami adalah amalan bathin. Yang dibaca adalah yang lahir sedangkan yang dipahami adalah yang bathin. Maka tidak dapat menyentuh yang bathin kecuali dengan alat yang bathin pula, yaitu matahati yang cemerlang. 2)। Bukti kebenaran Al-Qur8217an. Salah satu tanda-tanda kebenaran Al-Qur8217an ialah bahwa isinya membenarkan isi kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Yang demikian itu menunjukkan bahwa kitab-kitab samawi tersebut adalah sama-sama wahyu dari Allah Ta8217ala. 3). Ilmu yang diwariskan. Lafad 8220Kami wariskan8221, artinya pemahaman hati tersebut diturunkan kepada orang yang menerima dengan tanpa usaha. Diturunkan semata-mata dari kehendak Allah Ta8217ala, meski itu merupakan buah ibadah yang dijalani oleh seorang hamba. Oleh karena ilmu tersebut diturunkan sebagai warisan, maka tentunya yang menerima warisan itu harus mengetahui dengan pasti siapa yang mewariskan ilmu tersebut kapada dirinya. Dengan asumsi seperti itu, maka pemahaman ini hanya dapat dihasilkan dari rahasia pelaksanaan tawasul secara ruhaniyah kepada orang yang ditawasuli. Maksudnya, rahasia sumber ilmu laduni itu hanya dapat terbuka dari sebab pelaksanaan tawasul kepada orang-orang yang telah terlebih dahulu mendapatkan warisan ilmu laduni dari para pendahulunya. Jadi, ilmu laduni itu adalah ilmu yang ada keterkaitan dengan ilmu para guru mursyid sebelumnya, guru-guru Mursyid tersebut sebagai pewaris sah secara berkesinambungan sampai kepada Maha Guru yang agung yaitu Baginda Nabi Muhammad Rasulullah saw. Ayat diatas menjadi bukti bahwa ilmu laduni yang dimaksud bukanlah sesuatu yang didapatkan dari hasil bertapa didalam gua-gua di tengah hutan atau di kuburan angker8212yang kemudian orang itu mendapatkan 8220linuwih8221 atau kelebihan-kelebihan dan kesaktian8212yang datangnya tidak dikenali dari mana sumber pangkalnya. Ilmu laduni adalah ilmu yang diturunkan Allah Ta8217ala didalam hati seorang hamba yang dipilihNya melalui proses tarbiyah azaliah, sebagai buah ibadah yang dijalani. Kalau ada kelebihan atau kesaktian yang didapatkan orang dari hasil berburu dengan mujahadah dan bertapa di hutan-hutan, meski orang tersebut kemudian dapat berjalan cepat seperti mukjizatnya Nabi Sulaiman as. misalnya, kelebihan seperti itu bisa jadi merupakan kelebihan yang datangnya dari fasilitas makhluk Jin. Kelebihan seperti itu terkadang hanya sebagai istidroj (kemanjaan sementara) belaka, yang kemudian sedikit demi sedikit akan dicabut lagi bersama kehancuran pemilikinya. Terlebih lagi apabila kelebihan-kelebihan itu dibarengi dengan sifat sombong dan takabbur, sehingga cenderung hanya dijadikan alat untuk unjuk kesaktian yang dipamerkan kepada orang banyak, jika demikian keadaannya, maka itu dapat dipastikan bahwa kesaktian tersebut hanyalah istidroj belaka. Sejak ilmu laduni itu memancar di hati seorang hamba, maka segera saja hamparan hati itu menjadi bagaikan sungai yang bermata airnya, meski sedang datang musim kemarau panjang, sedikitpun airnya tidak pernah berkurang. Atau seperti pelita di dalam kaca kristal yang sumbunya berminyak 8220yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api8221 QS. an-Nur24. Pelita itu akan memancarkan sinarnya setiap saat, meski sumbunya tidak pernah lagi dibasahi minyak. Hal tersebut bisa terjadi, karena rahmat Allah lebih dahulu dipancarkan sebelum pemahaman itu diturunkan, sehingga hamparan dada itu menjadi tambang ilmu yang tidak pernah berhenti memancar, meskipun disaat kesempatan untuk membaca dan mendengarkan sudah tidak dapat kembali terulang. Bahkan terkadang ilmu laduni yang muncul itu sedikitpun belum pernah tertulis dalam buku dan kitab yang ada. Berupa ilmu pengetahuan dan pemahaman yang aktual dan akplikatif. Hasil perpaduan ayat yang tersurat dengan ayat yang tersirat yang mampu menjadi solusi persoalan yang sedang aktual. Sebab, ketika kitab-kitab yang sudah ada itu sedang ditulis pada zamannya, keadaan yang sedang terjadi itu memang belum pernah dimunculkan oleh zaman. Seperti itulah contohnya, maka Al-Qur8217an al-Karim diturunkan kepada Baginda Nabi saw. dengan cara berangsur-angsur. Wahyu Allah itu diturunkan ayat demi ayat dengan mengikuti proses perkembangan keadaan dan zaman, sehingga mampu menjadi solusi dari setiap timbulnya tantangan dan kesulitan. Sungguh sangat beruntung orang-orang yang berusaha bersungguh-sungguh mendapatkannya, meski kemudian sampai mati dia belum juga pernah berhasil mencicipi kenikmatannya, namun yang pasti minimal pernah mencium bauhnya. MENCARI ILMU LADUNI (part 3) Dalam rangka mengenali rahasia ilmu laduni, di ayat lain Allah SWT. menyatakan sifatnya dengan lebih detail. Allah berfirman : 1614 16151614161716161618 16161616 1616161416141614 16161614161816141614 16161616 (16) 161616171614 1614161416181614 1614161816141615 161416151618161416141615 (17) 161416161614 16141614161816141615 16141617161416161618 16151618161416141615 (18) 161516171614 161616171614 1614161416181614 1614161416141615 (19) 161416171614 16141618 16151616161716151614 16181614161616141614 (20) 16141614161416151614 16181614161616141614 8220Jangan kamu menggerakkan dengan Al-Qur8217an kepada lidahmu untuk mempercepat dengannya Sungguh atas tanggungan Kami penyampaian secara globalnya dan pembacaannya Maka apabila Kami telah membacakannya maka ikutilah bacaannya Kemudian sungguh atas tanggungan Kami pula penyampaian secara perinciannya Sekali-kali janganlah demikian, sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai dunia Dan meninggalkan kehidupan akhirat8221. QS. al-Qiyamah.75 16-21. Juga diriwayatkan dari Sa8217id bin Jabir, dari Ibnu 8216Abbas ra. berkata: 16141614 1614161516181615 1616 . 16161614 161416141614 1614161416181616 161516181614 16151614161716161615 16161616 161616141615 16151615161616181615 16141618 16141618161416141615 1548 16141614161816141614 1615 16141614161416141614 1614161416141614. 8221 161416151614161716161618 16161616 1616161416141614 16161614161816141614 16161616 8220. Adalah Rasulullah saw. ketika 1616Allah menurunkan Al-Qur8217an kepadanya, beliau menggerakkan lesannya untuk menghafalkannya, maka Allah menurunkan ayat: 8220Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk membaca Al-Qur8217an hendak cepat-cepat menguasainya8221. HR Tirmidzi. Melalui ayat diatas (QS. al-Qiyamah.7516-21) kita dapat mengambil beberapa pelajaran : 1). Dalam rangka mempelajari dan memahami ayat-ayat Al-Qur8217an, orang dilarang menggerakkan lesannya untuk mengikuti bacaan yang didengar, karena ingin cepat memaham dan menghafalkan ayat yang didengar itu. Bagi seorang murid tidak boleh 8220mbarengi8221 bacaan gurunya, tetapi harus membaca dibelakang bacaan gurunya. Diriwayatkan oleh Ibnu 8216Abbas ra. 8220Bahwa Rasulullah saw. saat malaikat Jibril menyampaikan wahyu kepadanya, setelah ayat ini diturunkan, beliau diam dan mendengarkan dan apabila Jibril pergi beliau baru membacanya8221. HR. Bukhori. Tafsir Fahrur Rozi.15225 Ditegaskan pula di dalam firman-Nya yang lain: 16141614 1614161816141618 161616181615161816141616 16161618 161416181616 16141618 161516181614 1616161416181614 1614161816151615 161416151618 161416171616 161616181616 161616181611 8220Janganlah kamu tergesa-gesa dengan Al-Qur8217an sebelum selesai mewahyukannya kepadamu. Dan katakanlah:8221Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan8221 QS. 20184. Mendengar dan Diam berarti me-Non Aktifkan potensi akal dan nafsu ternyata merupakan tombol untuk meng-Aktifkan potensi hati. Sebab, selama potensi akal dan nafsu masih aktif maka potensi hati akan tertutup rapat dari sumberi inspirasi ilahiyah. Itu manakala diam tersebut dalam arti menyandarkan pertolongan dan hidayah dari Allah, karena 8220Allah yang menurunkan Al-Qur8217an dan Allah pulalah yang akan menjaganya8221. (159) Allah menegaskan lagi di dalam firman-Nya : 161416161614 161516161614 16181615161816141615 16141618161416161615 16141615 16141614161816161615 161416141617161416151618 16151618161416151614 8220Dan apabila dibacakan Al-Qur8217an, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat 8220. QS. al-A8217raaf. 7204. 2). Firman Allah SWT. 161616171614 1614161416181614 161816141615 161416151618161416141615 (17)8221Inna 8216alainaa jam8217ahuu wa qur8217aanah8221, (sungguh atas tanggunganku penyampaian secara global dan proses membacannya). Dikatakan: Secara globalnya di dadamu kemudian bacalah. Dan apabila dibacakan, maka ikutilah bacaannya. Lafad 8220Inna 8216alainaa8221 mengandung arti wajib. Sebagian Ulama8217 ahli tafsir mengartikan: seakan-akan Allah Ta8217ala mewajibkan diri-Nya sendiri untuk melaksanakan janji-Nya. Dengan kata lain, ketika sebab-sebab telah tersusun dengan baik dan benar maka ilmu laduni akan diturunkan. Selanjutnya, Ketika 8220perincian8221 dari yang global itu sudah waktunya dibacakan, yakni melalui proses romantika kehidupan, maka orang yang telah mendapat global itu harus mengikuti bacaan tersebut. Dalam arti menghadapi setiap tantangan dan menindaklajutinya dengan amal bakti, supaya ayat-ayat yang tersurat di dalam memori akal dapat dipadukan dengan ayat-ayat yang tersirat yang terbaca dalam realita, maka terjadilah arus pikir (tafakkur), lalu dengan hidayah dan petunjuk Allah Ta8217ala seorang hamba akan menemukan mutiara hikmah di balik setiap kejadian dan fenomena. Pengalaman ruhaniah adalah merupakan ilmu-ilmu spiritual (rasa) yang tidak hanya mampu menjadikan orang pintar tapi juga cerdas. Ilmu yang menjadikan hati seorang hamba yakin kepada yang sudah diketahui karena setiap keraguan hatinya telah mampu terusir. Allah SWT. berjanji akan menolong hamba-Nya dengan membacakan perincian ilmu laduni itu, langsung dibisikkan di dalam hatinya, dalam bentuk teori-teori ilmiyah dan konsep-konsep tentang filosofi kehidupan, sebagai petunjuk dan bimbingan untuk menyelesaikan masalah di depan mata. Adapun konsep-konsep tersebut berupa pemahaman hati yang tergali baik dari makna ayat Al-Qur8217an al-Karim maupun hadits Rasulullah saw. Dengan yang demikian itu, maka ilmu orang yang mendapatkan ilmu laduni itu menjadi bagaikan pohon yang baik yang akarnya menunjang di tanah dan cabangnya menjulang di langit dan dengan izin Tuhannya buahnya dapat dimakan setiap saat. 3). Firman Allah SWT.: 161416171614 16141618 16151616161716151614 16181614161616141614 (20) 16141614161416151614 1618161416161614 8220Sekali-kali janganlah demikian, Sebenarnya kamu (hai manusia) mencintai yang kontan Dan meninggalkan yang akhir 8220. QS. al-Qiyamah. 7520-21. Lafad 8220Al-8216Aajilata8221 artinya kontaninstan, yang dimaksud adalah kehidupan duniawi. Artinya, hati orang yang mencari ilmu laduni itu tidak boleh ada kecenderungan kepada kehidupan duniawi, meski dalam arti ingin mempunyai 8220ilmu laduni8221. Mereka itu harus mampu menyandarkan segala amal ibadah semata-mata hanya mengharap ridho Ilahi Rabbi. Allahu A8217lam . । । । । । Ilmu laduni adalah ilmu yang di berikan langsung oleh Allah kepada hamba-Nya yang shalih, bertakwa dan selalu berusaha membersihkan hatinya dari nafsu dan sifat-sifat tercela. Ilmu tersebut dapat di peroleh dengan tanpa usaha belajar baik dari seorang guru atau berijtihad memahami teks-teks al-Quran, Sunnah, atau kitab-kitab ulama. Meski ilmu laduni juga mungkin dapat di peroleh sebab barakah guru atau memahami al-Quran, Sunnah maupun kitab-kitab ulama yang shalih. Ilmu laduni juga dapat di sebut ilmu mukasyafah, ilmu wahbi, ilmu ilham dan ilmu ilahi. Dalam Al-Qur 8217an Surat al-Kahfi ayat 65 disebutkan: 1614161416171614161816141615 16161618 1614161516171614 161616181611 8220 Dan Kami ajarkan padanya (Nabi Khidhir) ilmu dari sisi kami8221 Ayat ini menerangkan Nabi Khidhir meperoleh ilmu laduni dari Allah. Ilmu laduni dalam literatur kitab-kitab salaf tidak hanya di peroleh Nabi Khidhir saja, bahkan selain para Nabi, baik seorang wali atau shufi juga bisa memperolehnya. Dalam keterangan kitab-kitab tafsir di lingkungan Ahlussunnah wal Jama 8217ah, ilmu laduni tersebut bisa diperoleh oleh seorang hamba yang taat dan hatinya bersih. Dan ketetapan ini sudah sangat masyhur serta banyak para wali atau shufi yang mendapatkannya. Ibnu Hajar al-Haitami menyampaikan bahwa dalam Risalah al-Qusyairiyyah dan Awarif al-Awarif (as-Suhrawardi) tentang wali yang mendapatkan khabar ghaib sangat banyak . Ibnu Hajar al-Haitami juga menuturkan bahwa mengetahui ilmu ghaib adalah bagian dari karamah. Mereka dapat memperoleh dengan cara di khithab-i (sabda) secara langsung, di bukakannya hijab (kasyf) dan di bukakan kepadanya lauh mahfuzh sehingga dapat mengetahuinya. (Fatawi Haditsiyyah hlm. 222 ) Adapun dalil dan bukti bahwa ilmu tersebut bisa diperoleh oleh hamba yang taat dan bersih adalah: Ayat al-Quran surat an-Nisa :113 tentang Nabi Muhammad yang menerima ilmu yang berkaitan dengan hukum-hukum dan hal ghaib. 161416141617161416141614 161416141618 161416151618 1614161816141615 Dan (Allah) telah mengajari dirimu ilmu yang engkau tidak menegtahuinya Ayat al-Quran surat Yusuf. 68 tentang Nabi Yaqub yang menerima ilham dari Allah: 16141616161716141615 161416151618161616181613 16161614161416171614161816141615 Sungguh Dia (Yaqub) adalah orang yang mempunyai ilmu, karena Kami telah mengajarinya Hadits riwayat Muslim dalam Shahih-nya: 16141618 16171614161616171616 161416171614 1615 1614161416181616 16141614161716141614 1614161716141615 16141614 161416151615 16141618 16141614 161416151615 1616 1618161516141616 16141618161416151618 161516141617161416151614 161416161618 161416151618 1616 1615161716141616 1616161816151618 161416141612 1614161616171614 161516141614 16181614 16181614161716141616 1616161816151618 16141614 16181615 161416181613 1614161816161615 161516141617161416151614 16151618161416151614 8220 Dari Nabi Muhammad Saw, bahwa beliau bersabda: 8216Di dalam umat-umat sebelum kalian ada para muhaddatsun, maka jika ada satu dari umatku yang termasuk di dalamnya, maka sesungguhnya 8216Umar bin Khaththab adalah salah satu dari mereka. Ibnu Wahb mengatakan: 8216Tafsir Muhaddatsun adalah orang-orang yang diberi ilham.8221 Hadits ini mengantarkan kepada satu pemahaman bahwa ilmu ilham bisa didapatkan oleh selain Nabi Khidhir, seperti Sayyidina 8216Umar dan lain-lain. Hadits Rasulallah riwayat at-Tirmidzi dari Muadz bin Jabal bahwa Rasulallah bersabda: Aku melihat Allah, azza wa jalla menempelkan telapak-Nya di antara bahuku, kemudian aku merasakan dinginnya jari-jari-Nya di antara putingku dan kemudian tajalli-lahsetiap sesuatu kepadaku dan aku mengetahuinya sehingga aku dapat mengetahui apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi dan apa yang terjadi antara tanah timur (masyriq) dan tanah barat (maghrib) hadits ini di shahih-kan oleh al-Bukhari, at-Tirmidzi, Ibnu Khuzaimah dan lain-lain. Hadits Riwayat Ibnul Jauzi dalam Manaqib Umar tentang Sayyidina Umar yang mengatahui tentaranya yang sedang berperang padahal beliau sedang berkhuthbah. Hadits ini hasan sebagaimana di katakan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar. Riwayat tentang Sayyidana Abu Bakar yang pernah menebak kandungan istrinya bahwa bayinya laki-laki. Dan itu ternyata benar adanya. Hadits riwayat Abu Nu8217iam al-Ashfahani dalam Hilyah al-Auliya8217 dari Anas : 16141618 161416161614 16161614 161416161614 1614161416141615 1615 161416141614 161616181614 1614 16141618 1614161816141618 8220 Siapa yang mengamalkan apa yang dia ketahui, maka Allah akan memberinya ilmu yang dia tidak ketahui.8221 ( Ash-Shawi dalam Hasyiyah Tafsir al-Jalalain 1182 menisbatkan ucapan tersebut kepada Imam Malik ) Ibnu Hajar al-Haitami pernah ditanya tentang hadits ini dan beliau menjawab, Sesuai apa yang dikatakan oleh Izzuddin bin Abdissalam bahwa sesungguhnya orang yang mau mengamalkan apa yang dia ketahui baik wajib syar 8217i, atau sunah atau menjauhi makruh dan haram, maka Allah akan memberinya ilmu ilahi yang sebelumnya dia tidak mengetahuinya ( Fatawi Haditsiyyah hlm. 203-204, Darul Fikr. ) Ucapan Ali al-Kisa8217i 16141614 161716141616161616171615. 1614161416161616 161816141618161416141615 161716141616 161416141614 161416181614 16141615 161516151614 161816161614161616171615 16141617 1614 161716141614 161416171614 16141618 16141614161716141614 1616 161616181613 161816141614 16161616 1614 161416161616 1618161516151616 1548 161416141614 16141615. 161416181614 16141612 1616 1617161416181616 16141618161416141616 161416141618 1614161816141616 1614 1618161616181616 1567 161416141614. 16141618 1614 161616181614 1548 161416141614. 16141618 161416141614 161516151614 1617161416181616 161416141611 16141618 16141618161416151615 16141618 1614161816151614 1567 16141614. 1614 1563 1616161416171614 161816151614161716141614 1614 16151614161716141615 8220Ad-Damiri berkata: 8216Masalah ini adalah masalah yang pernah ditanyakan oleh Abu Yusuf (Hanafiyyah) kepada Ali al-Kisa8217i ketika al-Kisa8217i pernah mendakwahkan bahwa siapa yang dalam satu ilmu luas layaknya samudera maka dia akan bisa pada ilmu-ilmu yang lain. Abu Yusuf bertanya: 8216Anda adalah imam dalam bidang nahwu dan sastra, apakah Anda bisa fiqh juga Al-Kisa8217i menjawab: 8216Tanyalah yang Anda suka8217 Kemudian Abu Yusuf bertanya: 8216Andai ada orang yang sudah melakukan sujud sahwi tiga kali, apakah dia wajib bersujud untuk kedua kali8217 Al-Kisa8217i menjawab: 8216Tidak, karena sesuatu yang sudah diperkecil (tashghir) tidak boleh diperkecil lagi.8221 ( Disebutkan dalam kitab-kitab Fiqh Syafi8217iyyah dalam bab sujud sahwi. ) Ucapan al-Kisa8217i tersebut menunjukkan bahwa siapa yang dalam satu disiplin ilmu agama luas bak samudera, maka dia akan mendapat ilmu laduni dengan bisa menguasai ilmu-ilmu yang lain. Kisah yang diceritakan oleh al-Habib Abdullah Alawi al-Haddad tentang seseorang yang semula bodoh kemudian menjadi alim lewat ilmu wahb dan ilmu ilahi (ilmu laduni) di bidang ushuluddin dan cabang-cabangnya. Mereka adalah Sa 8216id bin 8216Isa al-Amudi, Ahmad ash-Shayyad, Ali al-Ahdal dan Abul Ghaits. Dengan keterangan-keterangan ini pernyataan dan syubhat-syubhat mereka yang tidak pernah di dukung dalil sudah terbantahkan. Lebih lengkap tentang dalil-dalil ilmu laduni yang dapat di peroleh selain Nabi Khidhir, lihat Fatawi Haditsiyyah halaman 222 dan Majmu Fatawi wa Rasail halaman 202 pembahasan tentang ilham. 160-- Oleh. Ust. Masaji Antoro (Admin) 1. Wiridan wanita hamil 1614161416171614 16141618 16141614 16161618 16141618161416161614 16141615161616171614161716161614 1615161416171614 1614161816151613 . Menurut fatwa seorang Ulama besar. Asy-Syekh Al Hafidz As-Suyuthi menerangkan bahwa mengadakan peringatan kelahiran Nabi Muhammad Saw, deng. Beberapa tahun yang lalu setelah beredar buku MANTAN KIAI NU MENGGUGAT, terdapat sebuah buku baru hasil kajian generasi NU untuk membuongkar. -- Tradisi yang berkembang dikalangan NU, jika ada orang yang meningal, maka akan diadakan acara tahlilan, do8217a, dzikir fida dan lain seba. PERTANYAAN. Anang Esbe Assalamu39a laikum sedulur. mau tanya tentang syarat menjadi khatib (terutama pada shala. PERTANYAAN Puasa mutih, Puasa ngrowot, Puasa160 patigeni, boleh apa tidak. Apakah tidak termasuk wishol yang dilarang JAWABAN 160Setiap. Hari Selasa, 11 Jumada Al-Tsaniya h 1235 H atau 1820 M. 8216Abd Al-Latif, seorang kiai di Kampung Senenan, desa Kemayoran, 160Kecamatan Bangkalan. Kumpulan khutbah dalam bahasa Jawa dan bahasa Indonesia lengkap bisa anda dowload disini (24 mb). atau di sini juga bisa. Khutbah N. Banyak orang salah mengartikan makna hadits berikut ini, dengan adanya salah penafsiran tersebut mereka mudah meng haramkan atau mensesatkan. Para Saudara kita dari qabilah Ba39alawy masyhur meyakini bahwasanya para Walisongo adalah saheh sebagai keturunan Nabi Muhammad SAW dari.

Comments

Popular posts from this blog

सेमी विदेशी मुद्रा ट्रेडिंग पावर कोर्स

एमटी 4 हॉट फ़ॉरेक्स

विदेशी मुद्रा बॉयलर mq4